1.RAPAT PARIPURNA DPRD DALAM RANGKA PENYAMPAIAN RANCANGAN PERUBAHAN KUA DAN PERUBAHAN PPAS TAHUN ANGGARAN 2023. 2. RAPAT PARIPURNA INTERNAL DPRD DALAM RANGKA PEMBAHASAN DAN PENETEPAN RANPERDA DILUAR PROPEMPERDA TAHUN 2023

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar rapat paripurna yang membahas rancangan perubahan Kebijakan Umum Anggaran – Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Tahun Anggaran 2023 di Gedung DPRD setempat, Senin (31/7/2023).

Pada kesempatan tersebut Bupati HSS H. Achmad Fikry menyampaikan secara keseluruhan target pendapatan daerah Kabupaten HSS mengalami peningkatan pada perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2023 yang semula Rp1.290.787.649.200 menjadi Rp1.394.672.384.785 naik sebesar Rp103.884.735.585.

Bupati juga menjelaskan kebijakan belanja pada perubahan APBD tahun anggaran 2023 diarahkan pada berbagai hal. Yang pertama untuk penyesuaian belanja daerah untuk optimalisasi pencapaian target kinerja. Kedua untuk penyesuaian anggaran pada program atau kegiatan yang berdampak langsung terhadap pelayanan kepada masyarakat dan mendesak untuk menyelesaikan permasalahan faktual dengan memperhatikan sisa waktu pelaksanaan perubahan APBD tahun anggaran 2023.

Lalu yang selanjutnya yang ketiga untuk penganggaran belanja mendanai kegiatan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus yang sebelumnya belum dianggarkan pada APBD tahun anggaran 2023. Yang keempat untuk penyesuaian alokasi anggaran tertentu yang sudah jelas peruntukannya, seperti Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), Bantuan Operasional Sekolah (BOS), dan lain-lain.

Ditambahkan bupati bahwa kebijakan belanja pada perubahan APBD tahun anggaran 2023 juga diarahkan untuk penyesuaian penganggaran belanja pada kegiatan dalam rangka pencapaian target kineja SKPD dan yang terakhir untuk peningkatan belanja yang dapat membantu mengakselerasi perekonomian daerah.

Rapat paripurna ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD HSS H. Ahmad Fahmi didampingi Wakil Ketua II H. Muhammad Kusasi. Turut hadir pula Sekda HSS H. Muhammad Noor dan para pimpinan SKPD Lingkup Kab. HSS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *