RAPAT PARIPURNA DPRD KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN DALAM RANGKA 1.PENYAMPAIAN RANCANGAN KUA DAN PPAS TAHUN ANGGARAN 2024. 2. PENGUMUMAN USULAN PEMBERHENTIAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI HULU SUNGAI SELATAN MASA JABATAN 2028 2023.

Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H. Achmad Fikry menyampaikan rancangan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD HSS tahun 2024 kepada DPRD HSS saat sidang paripurna yang digelar di ruang rapat DPRD setempat, Rabu (12/7/2023).
Rancangan KUA-PPAS ini diserahkan Bupati kepada Wakil Ketua II DRPD HSS H. Muhammad Kusasi, sesaat setelah disampaikannya beberapa gambaran terkait rencana di tahun depan.
Dalam pengantarnya, Bupati H. Achmad Fikry menyampaikan bahwa sesuai RKPD Tahun 2024 tema pembangunan Kab. HSS adalah “Akselerasi Penguatan Sektor Strategis Untuk Pemulihan Ekonomi Yang Inklusif Berbasis Pembangunan di Perdesaan Dengan Memperhatikan Kelestarian Lingkungan Hidup”.
Tema ini kata Bupati didukung dengan prioritas pendukung strategi pembangunan yaitu yang pertama akselerasi penguatan sektor strategis untuk pemulihan ekonomi yang inklusif berbasis pembangunan di perdesaan dengan memperhatikan kelestarian lingkungan hidup, yang kedua meningkatkan kualitas pembangunan manusia yang unggul dan berkarakter dan yang ketiga meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik.


Selanjutnya disampaikan bahwa berdasarkan prioritas pendukung strategi pembangunan dan asumsi ekonomi makro, maka Kab. HSS membuat beberapa target pembangunan pada tahun 2024 yaitu sebagai berikut nilai IPM sebesar 70,25 70,96, Ttingkat pengangguran terbuka sebesar 2,10 – 2,01 %, Indeks Gini Ratio 0,257 -0,255, laju pertumbuhan ekonomi 5,25-5,75 %, tingkat kemiskinan sebesar 4,343,96 % dan indeks kualitas lingkungan hidup sebesar 70,50-71,49.
Sementara itu Wakil Ketua DPRD H. Muhammad Kusasi saat diwawancarai awak media usai rapat paripurna menyampaikan terima kasih kepada jajaran Pemkab HSS yang telah menyampaikan rancangan KUA-PPAS dengan tepat waktu.
“selanjutnya rancangan KUA-PPAS ini kita bahas oleh DPRD bersama pihak eksekutif agar penetapannya juga tepat waktu di mingu kedua bulan Agustus” kata H. Kusasi.

Menjelang berakhir masa jabatan Bupati-Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) periode 2018-2023, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat menggelar rapat paripurna pengumuman dan usulan pemberhentian Bupati-Wabup HSS, Rabu (12/7/2023).

Dalam UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah pada pasal 79 disebutkan Pemberhentian kepala daerah dan/atau wakil kepala daerah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 78 ayat (1) huruf a dan huruf b serta ayat (2) huruf a dan huruf b diumumkan oleh pimpinan DPRD dalam rapat paripurna dan diusulkan oleh pimpinan DPRD kepada Presiden melalui Menteri untuk gubernur dan/atau wakil gubernur serta kepada Menteri melalui gubernur sebagai wakil Pemerintah Pusat untuk bupati dan/atau wakil bupati atau wali kota dan/atau wakil wali kota untuk mendapatkan penetapan pemberhentian.

“Berdasarkan ketentuan tersebut, maka pada hari ini kami Pimpinan DPRD HSS mengumumkan usulan pemberhentian dengan hormat saudara Drs. H. Achmad Fikry M.AP sebagai Bupati HSS masa jabatan tahun 2018-2023 dan saudara Syamsuri Arsyad, S.AP MA sebagai Wakil Bupati HSS masa jabatan 2018-2023” kata Wakil Ketua DPRD H. Muhammad Kusasi

Usulan pemberhentian dengan hormat ini akan ditetapkan dengan keputusan DPRD Kabupaten HSS nomor 6 tahun 2023 tanggal 12 Juli 2023 tentang usulan pemberhentian dengan hormat Bupati dan Wabup HSS masa jabatan 2018-2023.

Bupati HSS H. Achmad Fikry menyampaikan pengumuman usulan Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) HSS masa jabatan 2018-2023 adalah sebuah mekanisme yang harus ditempuh dengan SK yang dikeluarkan oleh Pimpinan DPRD kemudian diusulkan kepada Gubernur selanjutnya disampaikan pada Menteri Dalam Negeri sehingga tanggal 19 September nanti keluar SK dari Mendagri atas nama Presiden untuk memberhentikan bupati dan wakil bupati.

“kalau secara internal pribadi kami berharap dengan SK tersebut bisa mengajukan usul pensiun pejabat negara, jadi dokomen ini sangat penting untuk kelengkapan kami untuk mengusul pensiun sebagai pejabat negara” ucap bupati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *