RAPAT PARIPURNA DPRD KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN DALAM RANGKA: 1). PENYAMPAIAN REKOMENDASI DPRD KAB.HSS ATAS LKPJ BUPATI HULU SUNGAI SELATAN TA. 2022. 2).PANDANGAN UMUM FRAKSI-FRAKSI DPRD TERHADAP RANPERDA TENTANG KESEHATAN

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar rapat paripurna dengan agenda Penyampaian Rekomendasi DPRD terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati HSS Tahun 2022, Senin (17/4/2023).

Rapat dipimpin oleh Ketua DPRD H. Ahmad Fahmi didampingi Wakil Ketua DPRD H. Kartoyo dan H. Muhammad Kusasi. Rapat ini juga dihadiri Bupati HSS H. Achmad Fikry, Unsur Forkopimda HSS, Sekda HSS H. M Noor dan para kepala OPD.

Dalam pembacaan rekomendasi DPRD yang dibacakan oleh M Lutfiajadi diantaranya dijelaskan capaian misi pembangunan Kab. HSS Tahun 2022 dengan misinya mewujudkan aksesibilitas dan kualitas pelayanan bidang pendidikan, kesehatan dan pelayanan dasar lainnya. Pada point ini DPRD merekomendasikan perlunya penajaman prioritas pada semua sector/bidang yang berhubungan dengan pendidikan dan kesehatan.

Berkaitan dengan perwujudan daya saing ekonomi daerah melalui pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan berkelanjutan berbasis potensi sumber daya alam dan kearifan lokal. DPRD merekomendasikan sangat perlunya penajaman kebijakan untuk mengatasi pengangguran, khususnya membangun sector unggulan seperti sector pertanian, kehutanan dan perikanan.

Selanjutnya dalam misi untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas infrastruktur fisik dan sosial yang menunjang sektor perekonomian. DPRD meminta agar kinerja dalam bidang untuk terus dipertahankan.

Sementara itu Bupati HSS H. Achmad Fikry dalam keterangannya menyampaikan terima kasih atas rekomendasi yang disampaikan DPRD untuk selanjutnya rekomendasi itu akan dipelajari bersama dengan semua OPD.

“dari catatan tadi ada beberapa target yang harus kita pacu, namun karena target ini disusunnya dari lima tahun yang lalu pada situasi dan kondisi yang normal pas ditengahnya ada pandemi covid-19 yang sangat berdampak terhadap ekonomi global sehingga kita juga terdampak” ucap bupati.

Dalam hal Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang juga menjadi salah satu rekomendasi DPRD, Bupati menyatakan akan mendorong titik-titik yang berpotensi dalam sumber pendapatan. PAD ini kata bupati sangat penting agar pemerintah daerah tidak tergantung terlau besar dengan trasnfer pemerintah pusat.

“tapi ini dengan catatan agar pajak atau retribusi itu tidak memberatkan masyarakat, kita akan buat terobosan-terobosan untuk ini” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *