PIMPINAN

Tugas dan Wewenang Pimpinan

  • Pimpinan DPRD mempunyai tugas dan wewenang:
    1. memimpin rapat DPRD dan menyimpulkan hasil rapat untuk diambil keputusan;
    2. menyusun rencana kerja Pimpinan DPRD;
    3. menetapkan pembagian tugas antara ketua dan wakil ketua yang dituangkan dalam SK Pimpinan;
    4. melakukan koordinasi dalam upaya menyinergikan pelaksanaan agenda dan materi kegiatan dari alat kelengkapan DPRD;
    5. mewakili DPRD dalam berhubungan dengan lembaga/instansi lain;
    6. menyelenggarakan konsultasi dengan Bupati dan pimpinan lembaga/ instansi vertikal lainnya;
    7. mewakili DPRD di pengadilan;
    8. melaksanakan keputusan DPRD tentang penetapan sanksi atau rehabilitasi Anggota DPRD sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan; dan
    9. menyampaikan laporan kinerja Pimpinan DPRD dalam rapat paripuma yang khusus diadakan untuk itu.
  • Pimpinan DPRD dalam melaksanakan tugasnya sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat:
    1. Menentukan kebijaksanaan kerjasama antar DPRD;
    2. Mengadakan koordinasi terhadap pelaksanaan tugas komisi serta alat kelengkapan DPRD yang lain;
    3. Mengadakan konsultasi dengan pimpinan fraksi apabila dipandang perlu;
    4. Mengawasi pelaksanaan tugas dan kewajiban yang dilakukan oleh sekretariat DPRD; dan
    5. Mengadakan rapat pimpinan DPRD sekurang-kurangnya 1 (satu) kali dalam 1 (satu) bulan dalam rangka melaksanakan tugasnya.